Jumat, 13 Maret 2015

Taman Asta Giri SDN 8 BUNUTAN

SD N 8 Bunutan merupakan sebuah SD yang terdapat di Dusun Bangle, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. SD ini terletak di atas pegunungan yang terpencil dari keramaian warga desa Bunutan. Akses jalan yang dapat dilalui menuju SD tersebut terbilang cukup sulit dikarenakan kondisi jalan yang berbatu-batu dan hanya dapat dilalui oleh 1 mobil saja. Jarak yang ditempuh dari jalan utama menuju SD kurang lebih berjarak 3 Km. Pemandangan yang dapat kita lihat dalam perjalanan menuju ke sana diantaranya bukit-bukit, lembah dan sungai yang membentang sepanjang jalan menuju SD 8. Sungai tersebut dialiri air sesuai dengan musim saat ini, jika musim hujan, sungai tersebut penuh dengan air mengalir, dan jika musim kemarau maka sungai tersebut terlihat kering kerontang dan hanya terlihat batu-batuan kali yang berjejer sepanjang sungai.



Sekolah SD 8 merupakan sekolah yang terpencil dan dapat dibilang belum mencapai kata layak. Dari setiap sidak yang digelar oleh tim Monev Provinsi, SD 8 selalu dikeluhkan pada kondisi taman sekolah yang setiap tahun belum ada perkembangan sama sekali dan kondisi halaman sekolah yang tidak memadai sebagai halaman dikarenakan selalu becek saat musim hujan. Berangkat dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN X Unud membuat program untuk membantu dalam hal pengadaan fisik yang dalam hal ini adalah taman di SD 8 untuk diperbaiki.


Dalam pengerjaannya, taman ini memakan waktu sekitar dua minggu sampai proses finishing. Pengerjaannya dimulai dari membuat pondasi taman sepanjang 30 meter dengan lebar 1,5 meter, menambahkan tanah, lalu menambahkan dan menata tanaman yang ada ditambah dengan tanaman hias yang disumbangkan oleh mahasiswa KKN X. Kegiatan ini selain digarap oleh mahasiswa, anak-anak SD dan guru-guru pun turut membantu dalam pengerjaannya. Karena kerja sama yang baik, taman ini pun dapat rampung dalam waktu 2 minggu.

Untuk proses finishing taman, mahasiswa KKN membantu untuk bersih-bersih di sekitaran area taman, dan memberikan nama taman yang kiranya dapat memperindah tampilan taman. Taman ASTA GIRI, ASTA berarti delapan (8), GIRI berarti gunung, sehingga dalam penamaannya berarti taman SD 8 yang letaknya berada di atas gunung. Pada akhirnya, semoga taman ini dapat dijaga keasriannya bahkan dapat untuk di tingkatkan lagi keindahannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar